Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Siomay dan Es Sekoteng
DOI:
https://doi.org/10.62238/emis.v3i1.237Keywords:
harga, kualitas pelayanan, keputusan pembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling, dengan jumlah 60 Responden. Jenis data yang digunakan data primer yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Uji instrumen yang dilakukan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsiklasik, analisis linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harga(X1) terhadap Keputusan Pembelian(Y) dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 yaitu nilai sig 0,018 < 0,05 dengan nilai 2,411 lebih besar dari 1,993 maka diterima dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh harga terhadap keputusan pembelian secara signifikan. Dan untuk signifikansi pengaruh Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan nilai 6,816 lebih besar dari 1,994 maka diterima dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian secara signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa, adanya pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Siomay dan es sekoteng.
References
Agustin, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ac di Toko Elektronik Cv Multi Surya Teknik Semarang. Semarang.
Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Amarta Mlilir. Ponorogo.
Ardiansyah, I. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Counter Indo Cell Kudus. Semarang: Usm.
Arsyad, M. R. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mirai Management, 183-196.
Asmawati. (2024). Pengaruh Cita Rasa Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baye di Toko Mega Rezky di Csmpslsgian. Sulawesi Barat.
Cindy Magdalena Gunarsih, J. K. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 69-72.
Doni Marlinus, N. J. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina 2, 477-490.
Dr. Soesanto, S. M. (2019). Manajemen Pemasaran. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Fitriyani, D. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Bekas di Godong. Semarang.
Imam Kambali, A. S. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 1-8.
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Jawa Timur: Unitomo Press.
Jihan Citradewi, E. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk UMKM Dekranasda Kota Depok. Cidea Journal, 106-116.
Kelvin Prilano, A. S. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research, 1-9.
Lestari, P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoppy pada Cv Gowata Sakti Motor. Makasar.
Mahira, P. H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1267-1282.
Mukti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee. Jurnal Bina Manajemen, 229-245.
Nasution, A. E. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 83-87.
Ningtyas, R. D. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi Pada Sepeda Motor Honda Beat. Surakarta.
Noviandy, H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Honda Brio Pada PT Istana Deli Kejayaan. Medan: Universitas Medan Area.
Nuraini, F. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Gacoan Cabang Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sumber Daya Manusia, 50-56.
Ramadhan, R. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Mitra Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara Periode 2017-2019). Mataram.
Valentina, P. N. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Alfamart. Sleman.
Widyaningsih Putri Ariyanti, H. H. (2022). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Universitas Bina Taruna Gorontalo, 85-94.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afifah Dwi Utami, Adi Artino, Anco (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






