PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA LEWAT PROGRAM BUPASTUBES
DOI:
https://doi.org/10.62238/nagripustaka.v3i2.302Keywords:
kualitas belajar, program BUPASTUBES, IPAS, Siswa sekolah Dasar, pembelajaran berbasis proyekAbstract
Berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SDN 183 Pekanbaru, ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Kesulitan tersebut tampak dari rendahnya motivasi belajar, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta minimnya penggunaan media dan metode pembelajaran yang menarik. Selain itu, kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif dan kurang terlibat secara aktif dalam menemukan konsep-konsep IPAS. Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya kemampuan berpikir kritis serta kreatif. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa melalui implementasi program BUPASTUBES pada siswa kelas V SDN 183 Pekanbaru. Program ini diawali dengan kegiatan identifikasi dan analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS melalui wawancara dengan wali kelas serta observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil identifikasi, peneliti merancang buku panduan berbasis proyek dan desain untuk mengatasi kesulitan belajar yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melibatkan siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Implementasi buku panduan BUPASTUBES menunjukkan hasil positif berupa peningkatan motivasi belajar serta pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPAS. Hasil ini menunjukkan bahwa program BUPASTUBES dapat menjadi inovasi efektif dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di sekolah dasar.
References
Astuti, Y., & Aripin, A. (2025). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar STEAM Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan, 5(1), 106–112.
Erawati Siregar, T., & Santoso, A. (2023). Analisis Penggunaan Bahan Ajar IPAS Berbasis STEAM Untuk Memfasilitasi Literasi Sains Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar, VI(3), 258–267.
Gita, A., Liliana, P., & Setyaningtyas, E. W. (2023). Bahan Ajar Buku Cerita Interaktif Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD, 9(3), 1525–1533.
Januari, N., Toyibah, T., Sari, Y. Y., Dasar, P., Pascasarjana, S., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2024). Pengembangan LKPD berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Tumbuhan Kelas IV Sekolah Dasar, 2(1).
Rahmadhani, S. (2025). Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Pendekatan Steam Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar, 1, 71–82.
Rai, N., Mertaningsih, S., & Suniasih, N. W. (2024). Multimedia Interaktif Berbasis Proyek pada Muatan IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, 4(3), 410–419.
Rilianti, A. P., Handayani, M., & Nugroho, W. (2023). Pendekatan Science , Technology , Engineering , Art , & Math ( STEAM ) untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar, 1(2), 78–85.
Rohman, A. D., & Musa, M. M. (2022). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MI / SD DI ERA ABAD 21…, 03(01), 48–58.
Sherina, S. A., Gustimal, W., & Zariul, A. (2025). PENGEMBANGAN GAME SUDOKU PEMECAHAN MASALAH ( SUPEMA ) PADA MATERI BILANGAN DI SEKOLAH DASAR, 3(1), 193–198.
Sugiono. (n.d.). Metode Penelitian Kantitatif Kualitatif dan R & D.
Ulfah, A. (2020). Project Based Learning dalam Pembelajaran IPA, 3(3), 2079–2082.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faradila Az Zahra, Fadhila Istifani, Vanisa, Alya Amanda, Zahro Zakiyah, Salsa Afriliana Idris, Firah Amaliyah, Wilda Sepriyanti, Jessi Alexander Alim (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



